Popular Post

Posted by : CORREY ANANTA ADHILAKSMA Kamis, 13 Januari 2011

Malaysia merupakan sebuah Negara kerajan.Wilayahnya terdiri dari dua bagian yang terpisah.Sebagian berada di semenanjung Malaysia yang disebut Malaysia Barat dan sebagian berada di bagian utara pulau Kalimantan yang disebut Malaysia Timur.
A.Bentang Alam
1)Batas Wilayah
Malaysia timur
a.sebelah utara dibatasi oleh Negara Brunei Darussalam dan Filiphina.
b.sebelah timur dibatasi oleh Laut Sulawesi.
c.sebelah selatan dibatasi oleh Negara Indonesia.
d.sebelah barat dibatasi oleh Laut Cina selatan dan Indonesia.
Malaysia barat
a.sebelah utara dibatasi oleh Negara Thailand.
b.sebelah timur dibartasi oleh Laut Cina selatan
c.sebelah selatan dibatasi oleh Negara Singapura dan Indonesia.
d.sebelah barat dibatasi oleh Selat Malaka.
2)Letak Astronomis
Malaysia Timur berada pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100º40’BT-119ºBT.Malaysia Barat terletak pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100ºBT-104º02’BT.
3)Iklim
Malaysia beriklim tropis.Curah hujan rata-rata 2.540 mm/tahun dengan suhu rata-rata27ºC.Musim hujan terjadi mulai bulan November hingga Maret.Musim kemarau terjadi mulai bulan juni hingga awal September.
4)Keadaan Alam
Malaysia Barat bagian tengah terdiri dari pegunungan rendah.Batuannya terdiri dari batuan granit dan batu kapur.Malaysia tidak memiliki gunung berapi.Sekitar 70% luas wilayahnya masih tertutup hutan termasuk hutan karet.Sedangkan pantai-pantainya berawa-rawa dan berlumpur.
Sebagian besar wilayah Malaysia Timur merupakan pegunungan yang tertutup hutan lebat.Gunung Kinibalu (4.175 m) merupakan gunung tertinggi di wilayah ini.Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai bagian barat.
1
B.Penduduk
Luas wilayah Malaysia adalah 329.749 km².Penduduk Malaysia terdiri dari: Bangsa Melayu (59%),Bangsa Cina (32%),dan Bangsa India (8%).Sisanya terdiri dari Suku Semang(asli Malaysia) dan Suku Dayak yang berada di Malaysia Timur.Pada pertengahan tahun 2004 jumlah penduduknya 25,6 juta jiwa dan berdasarkan pekiraan pada tahun 2025,jumlah penduduknya akan meningkat menjadi 36 juta jiwa.Malaysia memiliki angka kelahiran 26 dan angak kematian 5.Sedangkan pertumbuhan penduduk alaminya mencapai 2,1% per tahun.Bentuk pemerintahanya adalah kesultanan berkonstitusi.Kepala Negara dijabat oleh Yang Dibertuan Agung,sedangkan Kepala Pemerintahan dijabat oleh Perdana Mentri.
C.Kegiatan Ekonomi
1)Pertanian dan Perkebunana
Perkebunan yang paling besar adalah perkebunan karet.Keseluruhan hasilnya mencapai 40% dari hasil karet seluruh dunia.Hasil lainya adalah kelapa sawit,kayu,singkong,dan beras.
2)Pertambangan
Hasil tambang yang paling besar adalah timah,kapasitas produksi nomor satu di seluruh dunia.Malaysia memiliki pengolahan timah terbesar di Asia Tenggara,yang terdapat di Penang.Hasil tambang lainnya adalah bauksit,batu bara,besi,tembaga,dan emas.
3)Perdagangan
Impor: beras,mesin,alat transportasi,bahan-bahan kimia,dan bahan-bahan elektronika.
Ekspor:karet,kayu olahan,kopra,timah,besi,minyak tanah,dan bauksit.
D.Hubungan Malaysia dengan Indonesia
1)Hubungan Bilateral
a) hubungan diplomatic
Masing-masing Negara mewakilkan seorang duta besar untuk urusan diplomatic.Duta Besar Malaysia ditempatkan di Jakarta dan Duta Besar Indonesia di tempatkan di kuala Lumpur.
b) bidang ekonomi
*perdagangan.Barang-barang Malaysia yang di ekspor ke Indonesia,antara lain minyak bumi masak,bahan kimia,benang sintesis,alcohol,dan baja lempengan.Barang-barang yang diimpor dari Indonesia,antara lain minyak bumi mentah,batu bara,kayu,jati karet alam,kopi dan sayur-mayur.
2
*bidang jasa.Misalnya ,jasa transportasi laut dan udara.Jasa penerbangan Garuda Indonesia Airways (GIA)mengadakan penerbangan ke Malaysia dan Malaysia Airlines (MAS)mengadakan penerbangan ke Indonesia.Jasa pelayaran lalu lintas laut,yaitu kapal ferry dari medan ke Penang.
c)bidang budaya
(1)mengadakan pembakuan ejaan bahasa bersama.
(2)mengadakan kesepakatan penggunaan istilah-istilah dalam bahasa ilmu pengetahuan.
(3)bantuan dokter Indonesia ke Malaysia.
(4)kerjasama di bidang pendidikan.
d)bidang keamanan
Kerja sama menumpas gerombolan komunis di Malaysia timur,serta latihan militer bersama dengan nama malindo(Malaysia dan Indonesia)
E.Kerja Sama Regional
Indonesia dan Malaysia sama-sama aktif dalam menggalang kerjasama ASEAN ,baik di bidang politik,ekonomi,maupun social budaya.
F.kerja sama internasional
Indonesia dan Malaysia ikut berperan aktif serta dalam organisasi internasional,seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB),Organisasi Konferensi Islam(OKI),dan Gerakan Non Blok(GNB).

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AnantaCR.blogspot.com - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -